IPS Sebutkan perbedaan antara masyarakat modern dengan masyarakat tradisional dalam bidang Pekerjaan, Transportasi, Tempat tinggal​

Sebutkan perbedaan antara masyarakat modern dengan masyarakat tradisional dalam bidang Pekerjaan, Transportasi, Tempat tinggal​

Masyarakat Tradisional

  1. Bidang pekerjaan : Masyarakat tradisional dalam memenuhi kebutuhan hidupnya biasanya bekerja dengan mengolah lahan, kebun, atau beternak hewan. Mereka melakoni pekerjaan yang tidak jauh jauh dari alam.
  2. Transportasi : Masyarakat tradisional menggunakan transportasi sesuai dengan keadaan alam yang mereka tinggali. Misalnya jika di desa yang jauh dari kota, mereka akan menggunakan sapi, atau kuda untuk bepergian. Bahkan mereka lebih memilih berjalan kaki sampai puluhan kilo meter. Untuk yang dekat sungai, biasnaya mereka menggunakan sampan dayung sebagai alat transportasi.
  3. Tempat tinggal : Masyarakat tradisional akan menggunakan bahan bangunan dari alam, seperti menggunakan bambu sebagai dinding, ijuk sebagai atap. Penggunaan beton masih jarang.

Masyarakat Modern

  1. Bidang pekerjaan : Masyarakat modern biasanya mampu melakukan pekerjaan yang lebih bervariasi. Rata-rata pekerjaan yang dilakukan pun menggunakan keahlian dan kemampuan berpikir. Biasanya dalam bidang jasa seperti dokter, pengacara, buruh pabrik, dll.
  2. Transportasi : Transportasi yang digunakan pun lebih canggih dan sedikit menggunakan tenaga, serta disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti mobil, dan motor untuk darat, Kapal untuk di perairan, dan pesawat untuk di udara.
  3. Tempat tinggal : Masyarakat modern cenderung mengikuti perubahan zaman dengan memilih tempat tinggal yang nyaman, dan di desain sesuai keinginan. Alih-alih menggunakan bahan alami mereka lebih suka menggunakan beton yang lebih kokoh.

[answer.2.content]